Skylum Luminar, Aplikasi Editor Foto Menggunakan Artificial Intelligent

 Skylum Luminar Sebuah Aplikasi Editor Foto yang Menggunakan Artificial Intelligent - Saat ini, kegiatan edit foto menarik sudah bisa dilakukan dengan beragam aplikasi yang canggih. Bahkan dari beberapa apliasi edit foto telah memanfaatkan system kecerdasan buatan yang bisa membantu pengguna dalam mengedit foto secara otomatis hingga mengidentifikasi sebuah foto. Salah satu aplikasi yang memanfaatkan penggunaan artificial intelligent adalah Skylum Luminar.

Kehadiran aplikasi ini dinilai sangat menguntungkan para fotografer yang ingin mendapatkan hasil foto yang bagus sesuai dengan keinginan para klien. Nah, kali ini kami akan mengulas tentang Skylum Luminar mulai dari pengertian, fitur, kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu Skylum Luminar?

Skylum Luminar merupakan sebuah aplikasi editor foto yang diluncurkan oleh pengembang Skylum khusus untuk pengguna sistem operasi Windows serta MacOS. Aplikasi ini menggunakan system artificial intelligent yang bisa mengedit foto secara cepat, mendeeteksi gambar hingga menganalisis kesalahan pada gambar. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa tools editing yang lengkap sehingga menghasilkan gambar editan terlihat sempurna.

Banyak pengguna memberikan ulasan bahwa aplikasi ini bisa digunakan mengedit gambar dengan cepat karena dalam aplikasi memiliki tampilan yang mudah dipahami terutama bagi pemula. Kinerja Luminar AI tak kalah dengan pesaingnya yakni Adobe PhotoShop Lightroom. Demikian juga fitur yang ada di dalamnya juga sangat lengkap dan mumpuni.

Memang aplikasi ini dirancang khusus untuk foto editor dan fotografer yang ingin hasil tampilan gambarnya bagus namun prosesnya simple dan cepat. Software ini memang telah dirancang sebaik mungkin. Tak heran jika pengembang Skylum Luminar telah mematok biaya berlangganan sebesar 80 euro untuk paket lengkap dari aplikasi ini.

Fitur Skylum Luminar

Pada Luminar AI telah ditambahkan fitur yang berguna untuk meningkatkan hasil editan foto Anda terlihat professional antara lain :

1. Catalog

Catalog merupakan fitur dalam Luminar AI yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk menelusuri, mengatur, menyaring dan mengorganisir foto kam. Adanya perubahan pada hasil editan juga bisa dengan mudah dikembalikan. Kamu juga bisa dengan mudah menambahkan folder foto atau foto tunggal pada fitur ini. Sementara untuk mengedit foto, kamu hanya perlu memilih foto dan kamu akan diarahkan pada tab editing.

2. Sky Replacement

Fitur lain yang diberikan pada software Luminar AI adalah Sky Replacment. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengganti warna dan tampilan langit secara otomatis. Teknologi AI dalam Luminar akan melakukan analisis pada langit berdasarkan garis horizon, kemudian system Luminar akan dengan mudah mengganti gambar langit yang telah disediakan. Kamu juga bisa mengganti tampilan langit dengan foto langit milikm.

Fitur ini dirasakan sangat membantu karena selain bisa mengganti tampilan langit, AI juga akan melakukan penyesuaian keseimbangan latar depan berdasarkan warna langit yang dipilih. Selain itu, perubahan yang telah kamu lakukan ketika mengedit foto tetap dapat dikontrol secara manual sehingga tidak akan merusak foto.

3. Potrait Section

Fitur Luminar AI ini sangat berguna bagi foto editor yang ingin mengedit foto seseorang menjadi lebih sempurna. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan editing pada warna kulit, wajah lebih tirus, warna iris mata dan menghapus noda yang ada pada kulit tanpa mempengaruhi tekstur kulit. Selain fitur Potrait section ini memudahkanmu dalam melakukan proses retouching dengan cepat termasuk memutihkan warna gigi dan menonjolkan mata pada foto. Kamu juga tak perlu khawatir dengan hasilnya, karena Luminar AI akan memberikan efek yang natural pada setiap hasil editan menggunakan fitur ini.

4. Templates

Fitur lain dari Luminar AI adalah templates yang menyajikan berbagai kumpulan template yang bisa kamu sisipkan pada gambar editanmu. Kumpulan template yang disediakan ini telah disesuaikan dengan gambar yang kamu edit. Jadi system AI pada luminar ini akan secara otomatis memindai foto yang kamu upload dan mencarikan rekomendasi template yang cocok untuk foto kamu. Template yang ada di Luminar AI juga telah dirancang oleh banyak editor foto maupun fotografer sehingga kualitasnya sangat bagus.

5. Export

Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan export menjadi beberapa format file. Kamu juga bisa mengekspor file ke social media milikmu seperti Facebook hingga Instagram.

Kelebihan Skylum Luminar

Proses editing bisa dilakukan hanya dengan satu kali klik.

Pengeditan gambar yang sangat cepat dan tidak memakan waktu.

Interface yang sangat sederhana, nyaman dan mudah dipahami bahkan ketika pertama kali membuka aplikasi.

Terdapat teknologi Artificial Inteligent yang telah ditanam dalam software.

Biaya membeli yang lebih terjangkau yakni sebesar 80 euro atau setara dengan 1,2 juta rupiah dan tidak ada biaya berlangganan bulanan.

Kekurangan Skylum Luminar

Sementara kekurangan dari Luminar AI dapat disimpulkan pada poin sebagai berikut :

Hanya tersedia untuk Windows 10 dan MacOS, sementara pada Android dan iOS versi tidak tersedia.

Kapasitas RAM yang dibutuhkan adalah minimal 8GB dengan processor minimal Interl i5 atau Ryzen 5.

Tidak mendukung adanya layer pada foto atau gambar.

Template yang disediakan kurang menarik.

Baca Juga: Lunapic, Situs Edit Foto Terlengkap

Banyaknya kelebihan Skylum Luminar dapat menjadi penunjang hasil edit foto yang bokeh. Dari banyak ulasan pengguna, Luminar AI terbukti membantu menghadirkan editan foto yang realistis dan sangat professional. Selain itu, pekerjaan mengedit foto dengan software berbasis AI ini dapat menghemat waktu dan menjadikan pekerjaan menjadi lebih mudah.

0 Comments