Point.Net, Aplikasi Kasir Canggih dengan Banyak Fungsi

 

Point.Net, Aplikasi Kasir Canggih dengan Banyak Fungsi - Teknologi semakin canggih yang tentunya bermanfaat untuk membantu pekerjaan manusia. Salah satu yang kini semakin berkembang adalah aplikasi Point.Net. Salah satu aplikasi yang sering disebut dengan aplikasi kasir. Seperti apa aplikasinya, berikut penjelasannya.

Apa Itu Point.Net?

Point.Net merupakan salah satu aplikasi kasir yang dipakai sebagai sistem pembayaran ketika pelanggan membeli sebuah produk. Biasanya aplikasi tersebut berbentuk tablet, smartphone, mesin, atau lainnya.

Pada awalnya aplikasi kasir dibuat untuk membantu memudahkan pemilik usaha untuk mencatat setiap transaksi. Mulai dari menghitung uang, menyimpan uang, sampai mencetak resi.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi. Aplikasi tersebut juga mengalami perkembangan. Sampai sekarang bisa melakukan penyimpanan data dari konsumen. Mulai dari menghitung keuntungan dan kerugian sampai bisa melakukan rekapan penjualan.

Awalnya aplikasi kasir tersebut hanya terdapat pada mesin kasir atau PC yang terhubung dengan internet. Tapi, sekarang aplikasi tersebut sudah bisa didownload dan diinstal melalui smartphone

Fitur-Fitur Point.net

Bukan perkara mudah untuk menjalankan sebuah usaha. Mulai dari mengelola, menetapkan usaha, mengetahui target pasar, sampai mengelola penjualan. Semua itu, bisa dijalankan jika mengetahui beberapa fitur di dalam aplikasi Point.Net yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjalankan usaha.

1. Varian Produk

Fitur yang satu ini sangat membantu bisnis ketika memiliki banyak produk. Fitur ini bisa membuat daftar varian produk yang dimiliki. Daftar tersebut bisa mengelompokkan barang-barang sesuai dengan kategorinya. Sehingga semua produk akan tercatat dengan rapi, serta memudahkan untuk mencari informasi dan datanya.

2. Pencarian Produk

Sudah melakukan pengelompokan barang sesuai dengan kategori. Kini pengguna tidak lagi kesulitan mencarinya. Cukup masukkan keyword yang sesuai dengan produknya, maka akan muncul produk yang dicari. Tentu saja, sebelumnya harus ada pemberian nama yang tepat. Sehingga memudahkan proses pencarian.

3. Persediaan Barang

Masih berkutat dengan barang atau produk. Fitur yang satu ini memudahkan untuk memasukkan data jumlah sebuah produk. Pengguna aplikasi kasir bisa melakukan pengecekan jumlah barang yang masih tersedia.

Selain itu, pengguna juga tidak perlu melakukan stocking, tidak perlu bingung dan takut ketika ada audit. Adanya fitur ini bisa membantu untuk memberikan semua data inventaris yang sudah tertata dengan rapi.

4. Sistem Pesanan Otomatis

Bukan hanya sebagai tempat mencatat data tentang barang atau produk saja. Aplikasi kasir juga bisa membuat untuk memesan barang yang sudah kosong secara otomatis.

Hal tersebut memang berkaitan dengan data persediaan barang. Kini tidak perlu khawatir karena fitur ini akan memberikan data pemesanan barang yang mulai kosong. Tentu saja, harus tetap ada pengecekan data yang masuk ke pemasok. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan.

5. Mengunggah Produk Secara Bersamaan

Sebuah bisnis yang besar tentunya memiliki berbagai macam produk. Mencatat data satu persatu akan sangat melelahkan dan membosankan. Salah satu fitur di dalam aplikasi Point.Net bisa memudahkan memasukkan produk secara bersamaan.

6. Barcode atau Kode Barang

Mempunyai berbagai macam barang banyak harus memiliki sistem untuk melacaknya. Salah satunya yang sering digunakan adalah dengan barcode atau kode barang.

Adanya barcode memudahkan untuk memunculkan informasi tentang barang tersebut. Mulai dari jenis, varian, lokasi penyimpanan, semua akan muncul lengkap dengan tanggalnya.

Kode barang juga memudahkan informasi ketika barang tersebut sudah berpindah tempat. Seperti terjual.

7. Otorisasi Aplikasi

Suatu usaha yang besar tidak mungkin bisa dijalankan hanya satu orang saja. Maka perlu beberapa orang yang bisa menjalankan secara bersamaan. Adanya aplikasi kasir memudahkan untuk melibatkan beberapa orang.

Tentu saja, pemiliki usaha yang harus memiliki akunnya dan mempunyai hak otorisasi. Pemilik bisa menentukan tujuan utama bisnis, seperti keuntungan. Selain itu, melalui fitur ini juga bisa memantau segala aktivitas karyawannya.

Itulah beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi kasir. Semua fitur tersebut biasanya terletak pada Point Netbox. Tempat berkumpulnya semua menu atau fitur yang diperlukan untuk menjalankan sebuah bisnis melalui aplikasi kasir.

Kelebihan Aplikasi Point.net

Adanya aplikasi kasir memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan kegiatan operasional yang saling terhubung dengan lainnya. Bukan hanya itu saja, adanya aplikasi kasir juga memberikan manfaat lainnya.

Memberikan data informasi secara terperinci terkait transaksi yang terjadi di seluruh cabang.

Memberikan ringkasan laporan dalam kurun waktu tertentu, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber data yang akan dibutuhkan nanti.

Mengawasi dan mengelola stok barang atau produk secara otomatis. Sehingga bisa meminimalkan risiko kecurangan baik dari pihk intern atau ekstern.

Bisa memberikan laporan secara real time.

Proses transaksi akan lebih cepat, mudah, dan praktis dengan konsumen.

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh aplikasi Point.Net membuat banyak orang yang memilih aplikasi tersebut untuk menjalankan dan mencatat segala hal yang berkaitan tentang transaksi bisnis.

Kekurangan Aplikasi Point.net

Meskipun memiliki banyak fitur yang bisa membantu segala hal yang berkaitan dengan bisnis. Bukan berarti aplikasi ini tidak memiliki kekurangan. Salah satunya adalah Point Network Connection.

Artinya aplikasi tersebut harus terhubung dengan internet yang memiliki jaringan stabil. Ketika koneksi internet lambat, maka akan terjadi masalah. Selain itu, aplikasi tersebut kebanyakan berbayar tiap bulan karena berbentuk web.

Cara download dan Install

Perlu diketahui kalau aplikasi kasir berbentuk web. Jadi, cara pengunduhannya harus memakai komputer atau PC. Adapun caranya bisa ikuti tutorialnya di bawah ini.

Buka web aplikasi kasir kemudian klik Download.

Kemudian ekstrak file yang sudah diunduh daln letakkan aplikasi tersebut dalam bentuk folder HTDocs.

Lanjutkan membuka webserver control panel, kemudian hidupkan web service dan database.

Buka browser untuk membuat database dan beri nama sesuai dengan keinginan.

Import database tersebut dengan klik menu Import, lalu klik Choose File dan temukan data yang tadi sudah diberi nama.

Buka aplikasinya, kini sudah siap untuk digunakan.

Banyaknya fitur yang ada dalam aplikasi Point.Net membantu pekerjaan untuk mengumpulkan data transaksi. Banyaknya fitur tersebut bisa di coba satu persatu sehingga mengetahui apa saja manfaatnya. Selamat mencoba.

0 Comments