GIMP, Aplikasi Editing Gratis untuk Penyuka Foto

 GIMP atau Gnu Image Manipulation Program merupakan salah satu aplikasi untuk mengedit foto secara gratis. Aplikasi yang satu ini termasuk perangkat lunak open source yang dirancang secara khusus untuk desain grafis.

Jika mencari aplikasi editing yang murah tapi memiliki fitur yang tidak murahan. Maka aplikasi yang satu ini jawabannya. Seperti apa aplikasinya dan apa saja kelebihannya? Berikut ulasannya.

Tentang GIMP

GIMP adalah salah satu aplikasi alternatif yang bisa digunakan untuk melakukan editing gambar. Aplikasi ini bersifat gratis dan multiplatform, dan ada banyak fitur yang tersedia untuk mengelola gambar sehingga hasilnya unik dan powerfull.

Aplikasi Gnu Image Manipulation Program pertama kali dikeluarkan pada tahun 1995, oleh Spencer Kimball dan Peter Mattis. Lalu aplikasi tersebut dikembangakan oleh sekelompok ahli desain grafis di bawah bendera GNU.

GNU merupakan sebuah kumpulan yang menggelorakan tentang open source software. Pada mulanya GIMP hanya bisa berjalan pada sistem operasi Linux. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang sudah bisa dijalankan juga untuk sistem operasi Windows.

Hasil gambar dari pengaplikasiannya juga semakin berkembang dan bervariasi. Mulai dari GIF, JPEG, BMP, TIFF, dan sebagainya. Cara kerjanya beserta efeknya juga berbeda dengan aplikasi edit gambar bitmap lainnya.

Namun, pengguna akan dimanjakan oleh beberapa fitur di dalam Gnu Image Manipulation Program yang tidak ada pada aplikasi lainnya.

Fitur-Fitur GIMP

Ketika pertama kali mengaktifkan GIMP akan menampilkan 3 jendela utama secara terpisah. Pertama ada jendela Tip of The day, jendela Layer, dan terakhir ada jendela yang terdiri atas kumpulan tools. Tapi ada beberapa tool penting yang harus diketahui.

  1. Layers

Layers ibaratnya adalah sebuah kertas kerja yang terisi gambar yang akan diedit. Prinsip adanya Layers adalah memudahkan proses pembuatan dan pengeditan gambar. Jumlahnya bisa bertambah seiring dengan kebutuhan ketika mengeditnya.

Layers bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan keinginan pengguna. Proses penambahannya bisa dilakukan dengan cara klik menu Layers, lanjutkan klik New Layers, dan terakhir klik OK.

Sedangkan untuk menghilangkan Layers bisa dengan mengawali langkah klik Layers yang akan dihapus, lalu klik menu Layers, dan terkahir klik Delete Layers.

Selain lewat menu bar, ada cara lebih mudah untuk menambah dan mengurangi Layers. Caranya klik kanan pada Background, kemudian pilih New Layers untuk tambah atau klik Delete jika ingin menghapus layers.

  1. Brushes

Merupakan sebuah menu atau jendela yang berisi bentuk-bentuk garis yang bisa dibuat. Meskipun jendela ini bernama Brushes, bukan berarti berlaku untuk tool PainBrush saja.

Ada beberapa bentuk garis pada jendela Brushes. Seperti Pencil, PainBrush, Eraser, dan Airbrush. Hanya dengan memakai garis yang berbeda bisa menghasilkan gambar yang lebih artistik dan menarik. Apalagi mengkombinasikan dengan lainnya.

  1. Pattern

Suatu gambar akan tampil menarik dan indah ketika teknik pewarnaan yang diberikan tepat. Bukan hanya beberapa warna saja, tapi juga harus memperhatikan kombinasinya.

Oleh karena itu, Gnu Image Manipulation Program menyediakan menu yang bernama Pattern. Menu tersebut berfungsi untuk menentukan corak atau motif yang diinginkan.

Ada berbagai macam corak dan motif, serta proses pewarnaannya juga tidak terlalu sulit. Jika ingin menampilkan jendela Pattern, maka klik shortcut Shift + Ctrl + P.

  1. Gradient

Tidak akan cukup dengan pengaturan corak saja agar gambar tampil indah. perlu juga adanya permainan warna atau gradasi warna. Gnu Image Manipulation Program sudah menyediakan menu yang bernama Gradient.

Menu tersebut berisi tentang berbagai macam campuran warna yang secara instan bisa langsung dipilih. Selain itu, pengguna juga bisa menentukan gradasi warna buatannya sendiri.

  1. Tip of The Day

Merupakan sebuah jendela yang berisi berbagai trik untuk memakai GIMP. Jika merasa terganggu karena munculnya jendela yang satu ini, maka hilangkan tanda checklist pada pilihan Show Tip Next Time GIMP Start.

Itulah 5 macam fitur yang harus diketahui apa saja fungsinya ketika memulai mengedit sebuah gambar. Sehingga bisa mengoptimalkan manfaatnya.

Kelebihan GIMP

Bagi pemakai Windows, pasti sudah tidak asing dengan aplikasi Photoshop. Aplikasi favorit untuk urusan editing photo. Bahkan orang awam juga terbiasa dengan aplikasi tersebut.

Tapi sayangnya, jika ingin memakai aplikasi tersebut harus membayar dengan harga yang lumayan. Tapi berbeda jika memakai GIMP, karena aplikasi tersebut tidak berbayar sama sekali alias gratis.

Semua menu di dalamnya juga tidak akan kalah dengan yang berbayar. Bahkan sudah memiliki lisensi Open Source yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi aplikasi tersebut hanya memerlukan memory yang minim. Sehingga bisa dipasang pada PC atau laptop dengan RAM kecil. Akan lebih menguntungkan bukan?

Kekurangan GIMP

Gnu Image Manipulation Program merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk editing foto yang sangat bagus dan menarik. Tapi sayangnya aplikasi tersebut hanya bisa digunakan oleh sistem Linux saja.

Sedangkan untuk beberapa fiturnya, mungkin tidak akan kalah dengan yang berbayar. Namun, tentunya akan ada perbedaan untuk aplikasi yang berbayar dengan yang gratis. Seperti versi premium dan gratis.

Cara Download dan Instal GIMP

Cara pengunduhan dan penginstalan GIMP sangatlah mudah. cukup unduh dari situs resminya. kemudian klik Download. Tunggu beberapa saat sampai proses pengunduhan selesai.

Periksalah dengan benar. Apakah aplikasi tersebut sudah benar-benar diunduh. Pilih bahasa untuk melanjutkan penginstalan. Pemasangan GIMP download akan terbuka, untuk melanjutkan install, klik Install dan ubah pengaturan pemasangannya dengan memilih Customize.

Demikian pembahasan tentang GIMP, sebuah aplikasi yang dipakai untuk photo editing yang bisa digunakan secara gratis. Semua fiturnya sangat membantu untuk menghasilkan foto yang menakjubkan.

0 Comments