Aviary: Fitur, Kelebihan, Kelemahan dan Cara Install

 

Aviary merupakan salah satu aplikasi yang bisa memberikan efek atau filter pada foto yang diinginkan. Aplikasi tersebut termasuk salah satu aplikasi photo editor dengan hasil keren dan lucu. Seperti apa aplikasinya, berikut penjelasannya.

Apa Itu Aplikasi Aviary?

Aviary adalah aplikasi edit foto yang direkomendasikan. Ada banyak fitur menarik di dalamnya untuk membantu mengedit foto. Aplikasi satu ini bisa bermanfaat untuk edit foto untuk android maupun PC.

Aplikasi ini bisa memberikan efek filter sekaligus retouch untuk berbagai foto yang diinginkan untuk diedit. Bukan hanya itu saja, pengguna bisa merubah gambar atau foto menjadi gambar yang lebih hidup.

Salah satu yang menarik dari aplikasi tersebut adalah salah satu fiturnya yang bisa memberikan efek edit suhu warna. Fitur tersebut bisa membuat foto dengan latar belakang yang sesuai dengan keadaan alam sekitarnya.
Entah itu cuaca, waktu, atau kondisi lainnya. Bagi yang suka berfoto dan mengedit, jangan lewatkan aplikasi yang satu ini.

Namun, sebelumnya ketahui kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut.

Kelebihan Aplikasi Aviary

Sebelum mengunakan Aviary Photo Editor, sebaiknya mengetahui apa saja kelebihan dari aplikasi tersebut. Sehingga bisa memaksimalkan semua yang ada di dalamnya. Seperti, ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan di dalamnya.

Pertama ada fitur Fun Stiker. Ada berbagai macam stiker yang bisa menghidupkan gambar atau foto, sehingga tampil lebih keren dan lucu. Kedua ada fitur suhu warna. Fitur tersebut berfungsi untuk menyesuaikan warna, baik itu waktu, kondisi cuaca, atau lainnya.

Fitur suhu warna termasuk fitur langka, dimana jarang menemukannya pada aplikasi edit foto lainnya. Bukan hanya itu saja, ada berbagai macam frame foto dan efek foto yang cantik dan bisa dipilih. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
Selanjutnya ada fitur Color Splash. Fitur ini bisa membuat foto dengan tampilan blur atau sharpen. Perlu diketahui kalau edit foto tidak akan lengkap tanpa adanya tambahan teks, gambar, dan lainnya.

Tenang saja, aplikasi Aviary juga mempunyai fitur tersebut. Fitur yang bisa menambahkan tulisan dan gambar. Sehingga pengguna bisa membuat meme tersendiri.
Selain itu, pengguna bisa melakukan apapun dengan foto yang akan diedit. Seperti memutar dan meluruskan foto, bisa juga menyesuaikan kecerahan, kontras, saturasi, dan suhu warna.

Selain berbagai fitur yang bermanfaat, aplikasi tersebut juga bebas iklan. Sehingga mengedit foto akan lebih menyenangkan karena tanpa adanya gangguan dari iklan yang sering menyebalkan.

Hasil dari edit foto bisa disebarkan oleh pengguna ke berbagai macam jaringan media sosial yang dimiliknya. Tentu lebih seru dan menarik, karena aka nada banyak orang yang akan melihat hasil editan foto yang berbeda dengan lainnya.

Bagaimana, tertarik dengan aplikasi ini? Langsung saja download aplikasi tersebut yang sudah tersedia di Google Play Store. Namun, sebelum melakukan itu, ketahui kelemahannya. Sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kedepannya.

Kelemahan Aviary

Kalau ada kelebihan dari aplikasi, tentunya aplikasi tersebut juga memiliki kelemahan atau kekurangan. Karena tidak ada aplikasi yang sempurna. Begitu juga dengan Aviary.

Meskipun memiliki banyak fitur yang sangat menarik, namun aplikasi tersebut mempunyai effect yang terbatas. Bentuk tulisannya juga tidak bisa berubah banyak. Warna teks dan gambarnya juga terbatas, sehingga pengguna tidak bisa memilih sesuka hati.

Cara Download dan Install

Aplikasi Aviary bisa download untuk Android dan computer atau PC. Namun keduanya memiliki cara dan install yang berbeda. Terutama untuk PC, karena ada perbedaan download dan install yang berbeda untuk beberapa jenis Windows.

1. Android

Jika memakai Android untuk download dan install, maka caranya bisa ikuti langkahnya di bawah ini.

  • Buka Google Play Store.
  • Cari aplikasi tersebut pada kolom pencarian, klik setelah menuliskan namanya.
  • Jika sudah menemukan, klik Download.
  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  • Terkahir klik Install dan selesai. Aplikasi tersebut sudah siap dipakai untuk mengedit foto.

2. Komputer atau PC

Perlu diketahui kalau ada perbedaan cara untuk beberapa Windows. Namun, sebelum mengunduh aplikasi tersebut, pengguna harus download dan install emulator aplikasi Desktop untuk PC. Berikut Langkah-langkahnya.

  1. Download Emulator Android untuk PC dan Mac. Aplikasi ini bisa didapatkan pada toko Mac atau Windows AppStore. Ada berbagai macam aplikasi yang bisa dipilih untuk emulator. Pilih yang terpercaya dan benar-benar aman.
  2. Instal Emulator. Jika sudah menemukan yang tepat, maka install aplikasi tersebut.
  3. Download Aviary untuk PC.
  4. Jika sudah terinstall, buka Emulator Android, ketika pada kolom pencarian di dalamnya dan ketik Aviary. Lalu klik Cari. Jika sudah menemukannya, maka klik untuk melakukan download dan install yang caranya hamper sama dengan yang di Android.

Itu adalah cara download dan menginstall untuk Windows 7 sampai 10. Namun, caranya akan berbeda untuk Windows 11. Jika memakai Windows 11, maka harus menginstall terlebih dahulu Amazon AppStore
Selanjutnya, caranya akan sama dengan yang di atas.

Namun, perlu diketahui kalua aplikasi Amazon AppStore tidak dimiliki oleh semua negara. Oleh karena itu, jika tidak menemukannya aplikasi tersebut, maka silakan pakai emulator.
Ada syarat lagi ketika memakai Windows 11. Periksa terlebih dahulu computer yang akan dipakai. Apakah sudah kompatibel dengan aplikasinya. Karena harus memiliki minimal RAM 8 GB, minimal Intel Core i3 Gen.

Itulah penjelasan tentang aplikasi Aviary. Salah satu aplikasi untuk mengedit foto sehingga bisa tampil menarik dan keren. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi satu ini hanya bisa dipakai ketika ada jaringan internet.

You May Also Like

About the Author: notulensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *